Minggu, 09 Agustus 2015

URAIAN TENTANG MOTOR BAKAR


URAIAN TENTANG MOTOR BAKAR � Maksud dari judul Motor Bakar adalah bukan motor yang dinyalakan dengan cara dibakar ataupun juga bukan motor bakar yang dimiliki oleh Gost Rider yah. Melainkan yang saya bahas kali ini adalah Uraian tentang sistem langkah motor.
Karena tidak semua orang tau mengenai cara kerja motor yang ia tunggangi maupun perawatannya. Baiklah sedikit demi sedikit akan saya ungkit, agar para pengguna motor tau.
1.Pengertian tentang Tak
      Tak/Slag/Stroke/Langkah atau gerakan pada zuiger motor. Artinya Tak yaitu langkah jarak zuiger ( piston ) didalam cylinder rata dengan cylinder blok ( dari yang paling atas sampai gerakan yang paling bawah )

      Batas gerakan piston yang paling atas disebut dengan titik atas yang disingkat TA dan Gerakan piston yanng paling bawah biasa disebut dengan Titik bawah atau TB.

      Langkah yang sangat terbatas disebabkan oleh adanya kruk As yang disebabkan oleh piston yaitu gerakan piston dari Titik Atas sampai Titik bawah dan sebaliknya. Maka gerakan piston kita sebut dengan TAK tau Slag yang putaran Kruk Asnya sebanyak 180 derajat(1/2 putaran)

2.  Pengertian Motor 2 Tak dan Motor 4 Tak
a.  Pengertian Motor 2 Tak
    Yaitu, setiap jenis sepeda motor yang setiap cylindernya mendapat 1 kali pembakaran Gas yang hanya memerlukan gerakan piston sebanyak 2 kali. Sedangkan Kruk As berputar 1 kali (360 Derajat). Mesin motor ini biasanya menggunakan oli samping sebagai campuran bahan bakar .

 b.   Pengertian Motor 4 Tak
     Motor 4 Tak yaitu jenis motor yang dalam setiap cylindernya mendapatkan 1 kali pembakaran gas memerlukan 4 kali gerakan zuiger atau piston dan putaran Kruk Asnya sebanyak 2 kali ( 720 Derajat) yang disertai terbukanya klep masuk dan klep keluar yang masing-masing sebanyak 1 kali.

Sekian dulu pengetahuan yang saya bagikan jika ingin menanyakan ataupun memberi kritik, saran dan komentarnya silahkan. Agar saya tahu dan langsung memperbaikinya. Jika anda berkenan dan suka silahkan subsribe untuk mendapatkan pengetahuan yang saya bagikan secara update.

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar