Sabtu, 15 Agustus 2015

Mengenal Wirausaha dan Syarat Berwirausaha

Mengenal Wirausaha dan Syarat Berwirausaha � Apa itu wirausaha ? Bagaimana cara berwirausaha yang benar ? apa syaratnya berwirausaha ? semakin penasaran bukan ? mari kita kenali lebih lanjut dan simak jangan sampai tidak dipahami. Sebelumnya istilah yang digunakan adalah kwiraswastaan dan enterpreneurship. Istilah kewirausahaan mulai populersejak tahun 1990-aan. Dari istilah kewirausahaan dianggap pas untuk dipadankan dengan istiah preneurship. Istilah kewirausahaan lebih cenderung diartikan dengan kepengusahaan bisnis serta segala aktivitas yang tidak berkaitan dengan pemerintah.
Pengusaha adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk mengelola sumber daya ekonomi menjadi menjadi sebuah usaha yang sangat menguntungkan. Sedangkan seorang wirausahawan adalah seorang pencipta kreasi dan pengorganisasi dari perbuatan yang mengandung resiko dan umumnya memiliki kemampuan yang tinggi serta motivasi dalam dirinya untuk menemukan perubahan setiap saat berpijak dari sikap kemandirian.
Menurut Impres no.4 tahun 1995 tentang gerakan mengenai masyarakat dan membudidayakan kewirausahaan : Kewirausahaan adalah semangat, sikap perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan kegiatan yang mengarah pada upaya mencari dan menciptakan.
Persyaratan Dasar Wirausaha yang dikenal dengan istilah 7K dan 7P. Berikut ini merupakan syarat dasar wirusaha. Mari dimengerti !
1.7K terdiri dari
a. Kemauan, keuletan dan ketekunan
b. kemampuan dan atau keahlian
c. Kesempatan (peluang)
d. keteraturan dan kecepatan kerja serta ketaatan (disiplin)
e. Keberanian : Dalam mengambil resiko dan menghadapi kepastian seorang wirausaha harus bersikap berani.
f. Kesadaran dan kemerdekaan
g. Kapital dan keuangan

2. 7P Terdiri dari :
a. Pendidikan
b. Pengajaran dan pelatihan
c. Penerangan, penyuluhan dan bumbingan
d. Pengelolaan dan perlindungan serta kepastian hukum
e. Pendekatan strategis
f. Penghayatan hakiki hidup
g. Perbankan


Itulah sekiranya yang diperlukan dalam modal berwirausaha. Tidak hanya modal saja tetapi ternyata ada persyaratannya bukan. Semoga bermanfaat dan silahkan join this site dan bagikan. Terimakasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar