Minggu, 09 Agustus 2015

Komunikasi Data Berdasarkan informasi yang di tumpangkannya


Komunikasi Data


Komunikasi yang hanya dilakukan secara kovensional, hanya dapat mengirimkan informasi yang terbatas, tak jarang kondisi jarakpun menjadi hal penting dalam pertimbangan.
Beberapa komunikasi dapat dibedakan berdasarkan informasi yang ditumpangkannya, diantaranya yaitu :
1. Komunikasi Audio, Yaitu jenis komunikasi informasi ditumpangkannya suara. Contohnya yaitu suara yang di hasilkan oleh radio

2. Komunikasi Video, yaitu jenis komunikasi informasi yang ditumpangkannya berupa gambar. Contohnya pada penayangan iklan Big screen yang terletak ditempat umum.

3. Komunikasi Audio Video, yaitu jenis komunikasi informasi yang merupakan campuran antara suara dan gambar. Contohnya Informasi lewat tayangan Televisi

4.Komunikasi Data, Yitu jenis komunikasi yang dikirim atau diterimanya berupa data yang bersifat digital. Contohnya yaitu aplikasi internetworking pada jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan salah satu aplikasi komunikasi data yang dapat mengirimkan informasi data dalam bentuk apapun ( suara, teks, maupun gambar ).

Banyak kelebihan yang ditawarkan dari jaringan komputer sebagai salah satu solusi komunikasi, diantaranya :

1.       Efisiensi waktu dalam proses yang dijalankan komunikasi
2.       Komunikasi yang dimuat bisa banyak
3.       Interkoneksi  antar jaringan kecil yang bermuara pada internetworking. Hal itu dapat memudahkan untuk membentuk komunikasi antar jaringan tersebut tanpa harus membangun jaringan sendiri.
4.       Dan lain sebagainya yang di tawarkan dari kelebihan komputer sebagai solusi komunikasi.

Kemudian jaringan Komputer ini di klasifikasikan pada tiga jenis dan berdasarkan cakupannya yaitu, LAN (Local Area Network ), MAN (Metropolitan Area Network) , dan WAN (Wide Area Network).
Infrastuktur ini berisi content komunikasi yang sepenuhnya dimanfaatkan oleh pengguna komunikasi melalui jaringan komunikasi tersebut yang meliputi Aplikasi komunikasi Langsung antar user maupun pertukaran Content komunikasi data, seperti aplikasi  File sharing, Print sharing ( Pencetakan), dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar