Selasa, 18 Agustus 2015

Tips jaga keawetan baterai Smartphone

Tips jaga keawetan baterai Smartphone � siapa yang tak ingin smartphone/ ponsel pintarnya cept habis baterainya ? Susah ketika baterai tiba-tiba habis (low) dan tidak ada listrik karena sedang berada dalam kendaraan umum, padahal ponsel pintar anda berperan penting dalam dokumen ataupun  komunikasi dengan orang-orang penting. Gara-gara baterai anda juga dapat dipecat karena hal-hal yang penting. Yaitu ketika bos telvon anda ataupun ada perintah mendadak anda tidak tahu karena alat komunikasi terganggu. Berikut tips menjaga keawetan baterai, silahkan disimak :
1.Jaga kepanasan Baterai
Jika temperatur  baterai smartphone sering terlalu panas, maka tidak lama baterai smartphone anda  akan menggelembung dan tidak dapat lagi menyimpan energi listrik secara benar dan tepat. Oleh karena itu solusinya adalah segeralah hentikan pengoperasian smartphone Anda sampai baterai menjadi dingin.
2. Atur Pencahayaan (Brightness).
Settingan  pencahayaan bawaan dari produk  smartphone anda termasuk dalam kategori  pencahayaan tingkat  tinggi. Hal ini tentu menguras energi listrik dari  baterai Anda. Turunkan tingkat pencahayaan hingga titik terendah tapi tidak terlalu redup. Dalam beberapa hari Anda sudah terbiasa dengan tingkat cahaya tersebut. Di samping irit listrik, mata anda juga terjaga.
3. Pasang Aplikasi Battery Saver/Booster.
Aplikasi battery saver berguna untuk mengatur kelistrikan baterai secara otomatis, seperti akan memberi peringatan ketika baterai sudah penuh saat dicharge, menolak charge ketika dalam kondisi baterai panas, mengoptimalkan kinerja aplikasi lain dan fitur lainnya. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di google play maupun di blacberry world.
5. Hindari Charge Baterai Saat Masih Panas.
 Mengecas baterai dalam keadaan panas dapat merusak baterai smartphone Anda, jadi hindari melakukan pengisian baterai saat suhu baterai dalam temperatur yang  tinggi seperti setelah digunakan untuk bermain game. jika sudah penuh segeralah lepas smartphone anda dari smartphone.
6. Hindari Low Bat.
Jangan terlalu sering membiarkan baterai Anda dalam kondisi low bat. Sebaiknya segera charge sebelum mencapai dibawah 20%. Itulah mengapa smarphone Anda akan selalu memberi peringatan jika baterai sudah di bawah 20%. Jika perlu selalu bawa power bank jika sedang melakukan perjalanan jauh.
7. Tutup Aplikasi yang tidak terpakai.
Pada saat kita menggunakan smartphone, biasanya kita bisa membuka beberapa aplikasi dalam sekali waktu. Jadi selalu lihat aplikasi yang masih terbuka, dan tutup yang sudah tidak digunakan lagi.
8. Gunakan Media Penghubung seperlunya.
Jika sudah tidak digunakan, segera matikan media pengubung jaringan seperti bluetooth, GPS dan wifi karena akan sangat menguras sources baterai Anda.
9. Jangan gunakan Fitur Getar.
Fitur getar sebaiknya Anda matikan jika profil yang Anda sudah menggunakan suara atau nada untuk pemberitahuan panggilan atau notifikasi pesan masuk lainnya. Karena tidak efektif jika menggunakan kedua fitur tersebut sementara Anda sudah cukup dengan fitur suara.
10. Hindari menggunakan Animated Wallpaper/Screen.
Wallpaper atau screen saver yang bergerak akan menguras tenaga baterai Anda ketika ia dalam keadaan stand by. Jadi hindari menggunakan wallpaper atau screen saver yang bergerak.
11. Jangan menggunakan smartphone Ketika Charging.
Ketika dalam proses pengecasan, sebaiknya Anda tidak menggunakan smartphone Android Anda untuk menjalankan aplikasi terutama memainkan game berkapasitas besar. Pengalaman saya, baterai menjadi akan cepat panas dan segera rusak.


Itulah penyebab dan sousi yang dapat saya berikan dari Tips jaga keawetan baterai Smartphone anda . Semoga bermanfaat dan seamat mecobanya. Terimakasih sudah berkunjung.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar