Senin, 10 Agustus 2015

Cara Kerja Mesin Motor

Cara Kerja Mesin Motor
Cara Kerja mesin motor tergantung dengan jenis mesinnya. Karena beda jenis mesinnya berbeda pula cara kerjanya. Sebelum menyimaknya lebih dalam lihat dulu pengertiannya. Jika sudah mari kita lanjutkan pembahasannya :

1.Cara Kerja Jenis Mesin Motor 2 Tak
    a.) TAK I ( Proses masuknya gas, pemampatan dan pembakarannya )
        - Piston bergerak dari Titik Bawah menuju Titik Atas
        - Bersamaan dengan terbukanya lubang saluran masuk, maka gas dari karburator akan terhisap
           akan masuk kedalam carter
        - Gas yang berada diatas zuiger/piston ( didalam cylinder) akan di kompresi atau di mampatkan
        - Pada saat piston hampir mencapai Titik Atas, dari Busi akan meloncatkan bunga api listriknya              tegangan tinggi untuk dapat membakar gas yang telah dikompresi (didalam cylinder)
      b.)  Tak II (Proses kerja, Kompresi Carter, Buang dan Cuci atau Bilas )
           - Piston Bergerak dari Titik Atas menuju Titik Bawah
           - Gas yang ada didalam cylinder yang telah dibakar akan berusaha mengembang lalu                             mendorong piston ke bawah dengan disertai tenaga tekanan. Kemudian tekanan tersebut akan               disimpan dan dirubah oleh kruk As menjadi tenaga motor
           - Gas di dalam Carter akan dikompresi atau yang biasa di sebut dengan kompresi Carter
           - kemudian lubang saluran keluar akan terbuka oleh piston, maka gas dari sisa pembakaran                     akan keluar dengan sendirinya melalui saluran buang dari sistem cylinder yang tersalur ke                   kenalpot.
            - Ketika lubang saluran bilas telah terbuka oleh piston, maka gas yang telah di kopresi                          didalam carter akan berusaha naik keatas Piston untuk membersihkan sisa pembakaran gas                  yang masih tertinggal didalam cylinder dan sekaligus gas baru tersebut menempati ruangan                  cylinder untuk kemudian dibakar. Ini akan terjadi secara terus menerus ketika mesin dalam                   keadaan hidup.


2. Cara Kerja Jenis Mesin motor 4 Tak
     a.) Tak I (Gerak Isap)
           - Piston Bergerak dari titik atas Menuju titik bawah
           - Klep masuk terbuka dan klep buang akan tertutup
           - Pengisapan gas dari karburator masuk kedalam cylinder melalui klep masuk yang sedang                     dalam keadaan terbuka
      b.) Tak II ( Gerak kompresi atau pemampatan )
           - Piston bergerak  dari Titik Bawah ketitik atas
             - Kedua klep dalam keadaan tertutup rapat
              - Gas yang terdapa didalam cylinder dimampatkan
              - Ketika Piston Hampir mencapai titik atas busi meloncatkan bunga api bertegangan tinggi                      untuk membakar gas yang ada didalam cylinder
           c.) Tak III (Gerak Kerja / Usaha/ Tenaga
               - Piston bergerak darr titik atas menuju titik bawah
               - Kedua Klep masih dalam keadaan tertutup
               - Gerak piston turun kebawah disebabkan oleh dorongan gas yang telah terbakar. Sehingga                     motor menghasilkan tenaga
           d.) Tak IV ( Gerak Buang / Sisa pembakaran )
                - Piston bergerak dari titik Bawah menuju ke Titik Atas
               - Klep buang ( keluar ) terbuka sedangkan untuk klep masuknya gas tertutup rapat
               - Sisa pembakaran gas yang telah mendorong piston dari dalam cylinder akan keluar melalui                  klep buang yang langsung ke kenalpot.

          Itulah pengetahuan yang saya bagikan tenang cara kerjanya mesin motor yang anda Tunggangi setiap hari. Terimakasih atas kunjungan anda. Buat upah nulisnya gan silahkan subsribe dan bagikan artikel ini ke facebook atau twitter anda.
SALAM  SUKSES J     
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar