Jumat, 20 November 2015

Suplement terbaik untuk dikonsumsi tubuh2015

Suplement  - Pengertian Suplemen makanan adalah produk yang digunakan untuk melengkapi makanan, mengandung satu atau lebih bahan sebagai berikut, yaitu vitamin, mineral, tumbuhan atau bahan berasal dari tumbuhan, asam amino, bahan yang digunakan untuk meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) atau konsentrat, metabolit, konsituen, ekstrak atau kombinasi dari beberapa bahan diatas. Suplemen bisa dalam bentuk kapsul, kapsul lunak, tablet, tablet hisap, tablet evervesen, tablet kunyah, serbuk, granula, pastiles, atau produk cair berupa tetes, sirup, atau larutan.


Baca juga : Rahasia sukses six pack

1. Protein

Protein merupakan salah satu dari unsur makromolekul yang harus dipenuhi setiap hari. Protein berperan penting sebagai sumber energi dan zat pembangun tubuh. Tubuh Anda yang tumbuh dari anak-anak menjadi dewasa, luka yang sembuh setelah jatuh, otot yang kuat untuk berjalan, dan bahkan proses berpikir di otak pun membutuhkan rantai asam amino dari protein.

Whey protein merupakan suplemen alami dengan kandungan protein paling tinggi di antara sumber protein lainnya. Kemurnian kandungan protein dalam whey protein umumnya berkisar 75% hingga 96%. Ini lebih tinggi dibandingkan Anda mengkonsumsi daging tanpa lemak.

Kandungan protein ini ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan protein harian dengan mudah dan dalam jumlah yang tinggi.

Suplemen whey protein ini mempermudah Anda dalam mendapatkan protein murni, dibandingkan dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak yang harus melalui proses memasak yang terlalu rumit. Cukup dengan membuat minuman shake selama 3-5 menit, pasokan protein tinggi sudah tersedia.

Suplemen fitnes untuk pemula sangat penting sebelum anda menghabiskan jutaan rupiah membeli suplemen yang tidak diperlukanLebih jauh lagi, whey protein berkerja dengan baik untuk yang doyan ngegym. Aktivitas ngegym merupakan aktivitas yang memaksa otot untuk bekerja lebih keras dan menstimulus pertumbuhan otot. Sementara itu otot terdiri dari kumpulan asam amino protein yang kompleks. Whey protein yang dikonsumsi beriringan dengan aktivitas ngegym akan mensuplai pasokan asam amino yang bermanfaat untuk mengatasi kelelahan otot, mempercepat penyembuhan jaringan otot yang rusak setelah ngegym, dan mensuplai nutrisi untuk pertumbuhan otot.

Di samping whey protein, ada suplemen lain yang menggunakan protein, yaitu weight gainer. Weight gainer merupakan suplemen alami untuk Anda yang ingin menaikkan berat badan dengan membangun massa otot. Ada 2 kandungan utama dalam weight gainer, yaitu karbohidrat dan protein. Karbohdirat ditujukan untuk mensuplai energi saat latihan beban sehingga bisa menstimulus hormon pertumbuhan otot. Sementara proteinnya digunakan sebagai nutrisi dalam pertumbuhan otot. Hasilnya Anda bisa menaikkan berat badan dengan meningkatkan massa otot, tanpa ada gelambir-gelambir timbunan lemak.

Baca juga : Melatih otot ticept secara sempurna


2. BCAA

 BCAA termasuk salah satu dari berbagai suplemen fitnes untuk pemula untuk membantu memaksimalkan pemulihan tubuhSalah satu manfaat dari memiliki massa otot yang baik adalah mampu membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk bermetabolisme. Jangan dianggap sepele, tubuh dengan metabolisme yang baik akan membuat Anda memiliki energi yang cukup, tubuh lebih fit, dan kemampuan membakar lemak yang baik.

Untuk Anda yang masih berusia muda, menjaga metabolisme dalam kondisi baik merupakan investasi kesehatan agar beberapa tahun ke depan tubuh Anda tidak membengkak dengan timbunan lemak dan malas-malasan untuk beraktivitas.

Salah satu cara untuk memaksimlkan dalam membangun dan menjaga massa otot adalah dengan mengkonsumsi suplemen BCAA. Suplemen BCAA terdiri dari  valin, leusin, dan isoleusin yang merupakan rantai asam amino protein.  BCAA menyusun 35% dari otot dan berperan sebagai blok pembangun otot. BCAA bekerja dengan merangsang produksi insulin dalam tubuh. Insulin yang telah distimulus kemudian akan mempromosikan penyerapan asam amino oleh sehingga menggabungkan berbagai asam amino tetap membentuk jaringan otot yang kuat.

3 Creatine

Tidak hanya bagi expert, namun creatine termasuk suplemen fitnes untuk pemula yang sangat penting dengan segudang manfaat.

Creatine merupakan suplemen yang terbuat dari 3 asam amino L-arginin, glisin, dan L-metionin. Suplemen creatine telah teruji dan direkomendasikan oleh berbagai peneliti dalam menghasilkan energi yang lebih besar pada sel-sel di jaringan otot.  Bahkan para atlet olahraga juga mengkonsumsi suplemen creatin untuk memaksimalkan performa selama bertanding.

Suplemen creatine bekerja dengan cara meregenerasi energi selama otot bekerja. Pada saat itu otot menggunakan molekul energi yang bernama ATP yang kemudian akan berubah menjadi ADP. Pada saat itu creatine bekerja meregenerasi ADP menjadi ATP sehingga ada lebih banyak energi pada tubuh Anda. Hasilnya Anda bisa mengangkat beban yang lebih banyak atau berlari dengan lebih kencang.

4 Cafein

Cafein tidak hanya tentang teh dan kopi yang mampu merangsang sistem saraf pada otak sehingga seseorang menjadi lebih semangat dalam beraktivitas. Cafein memiliki peran yang baik dalam metabolisme untuk pembakaran lemak sehingga digunakan dalam suplemen fat burner.

4 Cafein memiliki peran yang baik dalam metabolisme untuk pembakaran lemak sehingga digunakan dalam suplemen fat burnerMenurut publikasi pada The American Journal of Clinical Nutrition, orang- yang mengkonsumsi kafein sebanyak 8 mg/kg berat badan mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh hingga 16% lebih tinggi.Cafein bekerja meningkatkan metabolisme secara maksimal selama 3 jam setelah dikonsumsi.

Cafein akan merangsang sistem saraf pusat sehingga memompa darah lebih cepat yang mengakibatkan peningkatan metabolisme. Peningkatan metabolisme ini membuat tubuh menggunakan lebih banyak energi sehingga bisa membakar sebagian lemak-lemak yang disimpan di dalam sel-sel tubuh.

Manfaat lainnya, cafein mampu menekan nafsu makan, sehingga dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan. Cocok sekali untuk Anda yang ingin menekan kebiasaan ngemil.

5.Multivitamin dan Mineral

Selain makronutrien seperti protein, tubuh juga memerlukan asupan mikronutrien, yaitu multivitamin dan mineral.Vitamin merupakan molekul organik kompleks yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi normal tubuh tubuh. Sedangkan mineral adalah komponen dasar yang digunakan dalam membangun sel-sel tubuh.

5 Mengkonsumsi vitamin A secara cukupMengkonsumsi vitamin A secara cukup tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga sintesi protein. Kekurangan vitamin A akan memicu kekurangan pembentukan RNA dalam tubuh sehingga proses sintesis protein menjadi terhambat.

Selain itu, vitamin B1 dan K memiliki  peran yang penting dalam metabolisme dan pertumbuhan otot. Dengan adanya metabolisme yang baik di otot, suplai protein pada otot akan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk aktivitas dan pertumbuhan otot.

Sementara itu, mineral merupakan komponen dari enzim yang befungsi pada aktivitas saraf dan otot. Mineral dapat diperoleh dari bahan makanan baik yang berasal dari hewan ataupun tumbuhan. Contoh mineral yang bermanfaat untuk ngegym adalah natrium dan magensium. Natrium merupakan mineral yang berfungsi dalam kontraksi otot sehingga kita bisa melakukan berbagai gerakan saat ngegym. Sedangkan magnesium sebagai katalis pembentukan ATP sehingga kita memiliki energi untuk melakukan gerakan-gerakan saat ngegym.


Nah bagaimana kawan, sudahkah anda memenuhi suplement yang sehat ? Jika belum mari kita penuhi semuanya dengan mempraktekan materi apa yang telah saya sampaikan. Terimakasih kunjungannya.

Baca juga : Kenali jenis tubuh Anda disini !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar