Kamis, 05 November 2015

Kafein : Menambah Daya Ingat dan Dapat Maksimalkan Pembakaran Lemak

Kafein : Menambah Daya Ingat dan Dapat Maksimalkan Pembakaran Lemak - Kafein biasanya nterdapat dalam kopi yang dijual dipasaran. Kafein bermanfaat untuk menghilang rasa kantuk sementara.

Bagi anda yang memiliki hobby fitness (fitnes mania) maupun pecinta olahraga dan kebugaran, pastinya sudah mengenal kafein. Ya, nutrisi ini dikenal karena dapat meningkatkan kewaspadaan, energi, dan konsentrasi. Sumber kafein yaitu kopi, teh, kakao, yerba matte, dan guarana. Pada tanaman-tanaman tersebut, kafein berguna sebagai pestisida alami yaitu melumpuhkan dan mematikan serangga tertentu yang berpotensi merusak tanaman tersebut.

1. Menambah Daya Ingat

Menurut para peneliti dari Johns Hopkins University, kafein dapat membantu meningkatkan memori manusia setidaknya hingga 24 jam. Penelitian dilakukan pada peserta yang mengonsumsi kafein dalam bentuk tablet (200 miligram) dan plasebo.

Para peserta diminta untuk mengingat kumpulan beberapa foto selama lima menit. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi kafein memiliki ingatan yang lebih baik daripada mereka yang melakukan plasebo.


2. Membuat  Tidur Siang Anda Lebih Berkualitas

Rasa kantuk dapat menyerang kita setiap saat, apaagi jika kita sedang dalam keadaan lelah termasuk ketika siang hari. Ya, ketika siang hari dan mengantuk, banyak yang menyarankan untuk meminum kopi agar tetap terjaga. Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa alangkah baiknya menggabungkan keduanya, yaitu meminum kopi kemudian dilanjutkan dengan tidur siang.

Mungkin terdengar paradoks ketika minum kopi kemudian tidur. Namun, konsumsi kafein sebelum tidur siang disebut akan dapat membuat tidur lebih berkualitas dan membuat terasa lebih bertenaga.

3. Dapat Mengurangi Risiko Disfungsi Ereksi

Manfaat kafein

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal PLoS One, peneliti dari University of Texas Health Science Center menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 85-170 gram kafein per hari atau sekitar 1-2 cangkir kopi, 42 persen lebih rendah mengalami disfungsi ereksi.

Para peneliti mengatakan bahwa kafein membantu pembuluh darah dan otot tertentu di sekitar kelamin tetap rileks. Kondisi ini dapat memperlancar aliran darah di area tersebut.

Meski beragam manfaat dapat kita dapatkan dalam kafein, sebaiknya untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Menurut rekomendasi, batas konsumsi kafein per hari adalah 400 miligram atau setara dengan empat cangkir kopi setiap hari. Jika lebih dari itu, mungkin akan timbul beberapa efek samping seperti jantung berdebar-debar, cepat marah, sakit perut, atau gugup.

4. Latihan Semakin Bertenaga, Bakar Lemak Tetap Maksimal

Manfaat kafein

Sebuah studi pada 2014 lalu yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menyebutkan, para peserta penelitian yang mengonsumsi kafein lebih bertenaga ketika berlatih di atas sepeda stasioner daripada mereka yang plasebo.
Dan yang lebih menarik, para peneliti juga melihat potensi bahwa kafein dapat mempengaruhi pola makan di kemudian hari. Setelah dilakukan pengamatan pola makan peserta, peneliti menemukan bahwa peserta (baik pria) atau wanita makan 72 kalori lebih sedikit saat makan siang daripada peserta yang plasebo. Dengan konsumsi kafein akan dapat menambah tenaga saat latihan, mengurangi asupan kalori, dan meningkatkan metabolisme, maka pembakaran lemak yang terjadi juga akan lebih maksimal.

Baca Juga : Rahasia Sukses Sickpack Disini !


sumber : http://duniafitnes.com/health/kafein-menambah-daya-ingat-hingga-maksimalkan-pembakaran-lemak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar