Rabu, 09 September 2015

Makan Sebelum Tidur Tidak Baik Bagi Kesehatan

Makan Sebelum Tidur Tidak Baik Bagi Kesehatan - Makanan merupakan kebutuhan wajib bagi manusia dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi setiap harinya. Umumnya, manusia membutuhkan berbagai jenis nutrisi agar dapat memenuhi kebutuhannya setiap hari. Nutrisi dalam satu hari ini diperoleh melalui makanan, yang kita konsumsi setiap hari.
Namun tahukah anda bahwa makan pada saat malam hari sebelum tidur, dapat mengakibatkan hal yang tidak baik bagi kesehatan anda ? Jawabannya adalah sangat banyak keburukannya bagi kesehatan baik itu makanan berat maupun camilan pada malam hari sebelum anda tidur. Nah, dari pada penasaran sekarang kita langsung ke intinya.

1. Menambah Berat Badan yang tidak sehat ( bukan tambah berat ideal melainkan banyak lemak )
Salah satu dampak  negatif yang sangat mungkin terjadi adalah ketika anda  mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis. Mengapa demikian ? Perlu anda ketahui, bahwa setiap makanan ataupun camilan yang masuk ke dalam tubuh anda  memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Oleh karena itu, Ketika makanan yang mengandung kalori tinggi masuk ke dalam tubuh, namun tidak ada aktivitas yang dilakukan, maka yang akan terjadi adalah kalori tersebut tidak akan terbakar melainkan akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Kalori yang tidak terbakar ini, yang kemudian menjadi lemak dan sangat mempengaruhi kondisi berat badan anda.
2. Diabetes
Diabetes adalah suatu penyakit lanjutan yaitu  terjadi karena adanya  penumpukan lemak di dalam tubuh. Apabila memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka anda akan mengalami penyakit ini.
3. Kemungkinan Terjadinya Serangan Jantung
Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian-bagian pembuluh darah. Jika pembuluh darah anda tersumbat, maka secara otomatis jantung anda akan lemah fungsi ( tidak normal seperti biasanya ).
4.  Acid Reflux ( Naiknya Asam Lambung ke daerah kerongkongan dan Tenggorokan )
Ketika mengkonsumsi suatu makanan, maka asam lambung akan keluar dan bekerja. Namun ketika langsung berbaring, maka asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan ketika bangun keesokan harinya. Hmmm bayangannya saja sudah mengerikan yah...
5. Heart Burn (merasakan rasa panas dan tidak nyaman pada bagian dada )
Heart Burn sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian rongga dada, sehingga menimbulkan efek panas dan tidak nyaman pada bagian rongga dada anda yang biasanya jarang terjadi pada kondisi normal.
6. GERD ( Gasteophageal Reflux )
Adalah Penyakit yang Timbul akibat dari adanya gejala lanjutan yang terjadi karena timbulnya Heart Burn. Apabila merasakan gejala heart burn yang sering muncul ketika mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan pada malam hari sebelum anda tidur, maka anda harus memeriksakannya ke dokter.


Banyaknya kebiasaan buruk pada kita. Janganlah pernah menganggap remeh dan enteng. Karena sekecil apapun keburukan juka itu merupakan kebiasaan, maka hal buruk pulalah yang akan muncul pula kepada anda. Jadi lakukanlah kebiasaan yang baik agar mendapatkan hasil yang baik pada diri kita. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar