Kamis, 10 September 2015

Jenis Makanan Untuk Program Diet Agar Seimbang

Jenis Makanan Untuk Program Diet Agar Seimbang - Biasanya orang yang melakukan diet hanya memikirkan tujuannya saja yaitu ideal bahkan ada yang berpikir bahwa melakukan diet untuk langsing. Padahal tujuan untuk langsing itu salah, karena akan percuma jika langsing tetapi tidak ideal. Nah, yang akan saya bahas adalah jenis makanan untuk diet agar berhasil dan seimbang asupannya. Kenapa saya posting ini ? Karena seperti yang saya ketahui bahwa seseorang yang melakukan diet hanya memikirkan tujuannya saja bahkan ada yang konyol seperti berpuasa. Baik sih, akan tetapi kalo puasa terus yang ada malah anda lemes. Diet adalah suatu program dimana anda melakukannya dengan tujuan untuk mempunyai tubuh yang ideal dan sehat. Agar hal tersebut dapat berjalan dengan lancar. Anda perlu memilih jenis makanan ini agar imbang.
Diet yang seimbang berarti mendapatkan jenis yang tepat dan jumlah makanan dan minuman untuk memasok nutrisi dan energi untuk menjaga sel-sel tubuh, jaringan, dan organ, dan untuk mendukung pertumbuhan dan juga  perkembangan normal. Dengan melakukan diet yang seimbang akan memberikan energi yang cukup dan nutrisi untuk tumbuh kembang optimal. Adapun jenis makanan yang dapat dikonsumsi agar diet seimbang adalah sebagai berikut.

1.  Jenis makanan/minuman susu
yaitu susu yang terdiri dari keju yang bebas lemak atau rendah lemak (1%), susu atau buttermilk yang mengandung bebas lemak (skim) atau rendah lemak (1%) dan Yogurt bebas lemak atau rendah lemak baik yang beku atau biasa.

2.  Daging dan kacang pilihan
Keseimbangan untuk mengimbangi diet adalah dengan menu diet yang bisa didapatkan dari kelompok daging dan kacang-kacangan sepeti kacang polong, kacang almond, hazelnut, selai kacang, biji bunga matahari atau kenari. Kemudian untuk jenis yang sudah diolah Pilihan seperti tahu dan tempe bisa menyeimbangkan diet anda. Bila anda memilih daging  merah seperti sapi atau kambing pilih daging yang memiliki lemak sedikit. Hindari kulit dari daging unggas sebelum anda memasaknya anda dapat membuang kulitnya terlebih dahulu. Oke.

3.  Buah-buahan
Yang satu ini pasti mudah didapat, namun sangat sulit untuk mencari yang masih segar.Buah-buahan memiliki kandungan pemanis alami yang menyehatkan tubuh anda. Anda dapat memilih buah-buahan secara langsung atau dengan cara di jus seperti buah apel, aprikot, alpukat, pisang, berries, kurma, anggur,  jeruk, mangga, melon, jeruk, peach, nanas, kismis dan buah-buahan kering lainnya tanpa tambahan/bahan campuran lain.

4.  sayuran
Sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Variasikan sayuran dengan warna yang berbeda seperti sayuran hijau, orange, putih, merah dan ungu. Anda dapat memilih Brokoli, kembang kol, wortel, mentimun, kacang hijau, selada, kentang, lobak, bayam, labu, ubi jalar, tomat.Banyak nutrisi yang akan anda dapatkan dari sayuran dengan rendah gula dan lemak.

5.  Konsumsi makanan pokok
Makanan pokok jangan dilupakan juga, karena kandungan karbohidrat akan menghasilkan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun anda sedang diet untuk menurunkan berat badan akan tetapi jika meninggalkan karbohidrat bukan pilihan tepat diet seimbang. Gantilah  nasi merah dengan kandungan serat yang lebih tinggi agar lebih baik. Selain itu anda dapat mendapatkan karbohidrat  baik untuk diet dari beberapa makanan seperti roti gandum, sereal (panas dan dingin), bubur jagung atau pasta.

6.  minyak untuk diet seimbang
Jangan konsumsi yang banyak untuk diet karena tidak baik, sehingga untuk anda yang akan melakukan diet disarankan untuk memilih minyak rendah lemak atau jenis minyak nabati yang dapat mendukung diet seimbang anda. Dan bisa didapatkan ditoko terdekat.

7.  air mineral
Jangan lupakan yang satu ini, sebab sangat penting ketika anda makan masa ngga mau minum. heee...

Baiklan teman-teman bagi yang sudah diet semoga artikel ini dapat membantu anda dalam proses program diet seimbang yang anda lakukan berusahalah dengan tetap menjaga pola makan. Untuk yang hanya sekedar tahu, terimakasih sudah berkunjung dan mau membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar