Minggu, 13 September 2015

Kebutuhan Yang tepat dalam membuka suatu usaha

Kebutuhan Yang tepat dalam membuka suatu usaha - Keinginan membuka usaha sendiri sangatlah mudah jika cara maupun langkah yang anda lakukan benar dan tepat tidak ada yang kurang persyaratannya. Dalam membuka usaha sendiri Anda akan sangat banyak mempunyai peluang dalam penghasilan anda.Saat ini, banyak orang-orang yang membuat dirinya sulit dalam mencari pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa  usaha sendiri terdengar sangat diminati banyak orang, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Namun kebanyakan orang tidak tahu kemana ia harus melangkah dan bagaimana cara melakukannya ataupun awal perencanaannya saja tidak tahu. Maka dari itu anda akan saya coba tuntun melalui artikel ini. Sehingga anda tidak hanya mementingkan keberhasilannya saja. Karena semua mengandung resiko. Sebelumnya yuk lanjutin terus biar paham.
Inilah dia langkah yang tepat sebelem anda membuka usaha sendiri. Silahkan disimak !

1. Menganalisis jenis usaha terkait anda akan lakukan

Pastikan bahwa bisnis atau usaha yang akan anda rintis banyak peminatnya. Karena dengan begitu angka kerugian dapat dipastikan tidak ada, jika anda tidak mempunyai banyak pesaing. Lakukan analisis Break Event Point dalam menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha yang akan anda rintis nantinya. Setelah itu susunlah dan jangan lupa untuk menulis rencana yang akan anda buat sesuai keinginan mulai dari Sales forecast, analisa arus kas, dan lain sebagainya.

2. Jalankan rencana sesuai konsep yang anda buat/rancang

Jika Anda ingin mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/rencana bisnis  proposal adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Sedangkan jika Anda ingin membiayai usaha sendiri maka rencana usaha juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan di mana Anda tuju.

3.  Mulailah Persiapkan Modal

Modal sangat diharuskan dalam membuka suatu usaha, tidak ada usaha tanpa modal walaupun banyak yang bilang usaha tanpa modal juga bisa tetapi sebenarnya pasti mengeluarkan modal. Lanjut ke pembahasan ! Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Silahkan cari modal terlebih dahulu jika anda serius ingin membuka usaha sendiri.

Tambahan : Anda juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang, namun sebenarnya anda juga perlu modal sesuai yang saya jelaskan tadi diawal. Yaitu seperti rekening bank, dan lainnya.

4. Perluas Jaringan bisnis Anda

Dengan memperluas jaringan bisnis anda maka anda akan mendapatkan kesempatan yang lebih dari sekedar bisnis biasa. Karena dengan jejaring yang luas anda akan mempunyai pembelipelanggan dari luar tanpa harus repot dalam pembeliannya.

Namun cara perluas jaringan juga tidak mudah akan tetapi anda boleh berusaha dalam mencapainya jika ingin cepat sukses yaitu dengan bergabung melalui forum ataupun kelompok bisnis yang ada.
Semoga dapat membantu perintisan bisnis anda, semoga cepat sukses dan banyak pelanggan yah. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.

BACA JUGA : Analisa persaingan sebelum Usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar