Kamis, 10 September 2015

Analisa Persaingan Sebelum Usaha. Begini Caranya !

Analisa Persaingan Sebelum Usaha. Begini Caranya ! -  Rencana bisnis adalah sebuah cara untuk lebih memahami dimana anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda secara teori dan terencana dapat berkembang dengan baik atau tidak. Sebab, dijaman yang dipenuhi oleh persingan ini semuanya butuh perencanaan yang matang dan menganalisa terlebih dahulu untuk mendapatkan strategi bisnis yang mengurangi persaingan dan di nomor satukan pelanggan. Hal ini sangat  penting karena hanya dengan mengetahui rencana bisnis, maka  kelanjutan bisnis Anda dapat dinilai dengan baik oleh orang yang sudah paham dengan dunia bisnis. Keuntungan yang dapat Anda perolah dengan membuat rencana bisnis atau usaha anda yang terencana dengan baik adalah Anda dan dapat dengan memperoleh tambahan modal dll.
Nah, agar tahu bagaimana cara menyusunnya, maka sebelum itu sediakan camilan sambil membaca. heee (becanda). Yuk disimak lanjutannya.
1. Meringkas Apa Rencana bisnis anda
Hal iniPerlu sebuah Pokok perencanaan Besar yang dapat menerangkan secara ringkas seluruh rencana bisnis Anda yang dibuat dengan melihat susunan daftar isi dari semuanya. Isi ringkasan rencana adalah harus jelas, singkat ,padat dan dapat memberi gambaran secara jelas apa tujuan bisnis Anda secara keseluruhan ke depan.
2. Mendeskripsikan/ menggambarkan Rencana bisnis Anda
Biasanya berisi uraian singkat tentang usaha anda. menjelaskan situasi industri Anda yang sedang berlangsung dan dibahas secara jelas dan rinci  hingga kemungkinan apa saja yang mungkin terjadi pada usaha anda di masa depan. Uraikan semua pandangan Anda dengan bahasa yang jelas. Informasikan juga segmentasi pasar di industri Anda, yang kelak akan meliputi penjelasan tentang aneka produk baru lengkap dengan perkembangan untung dan ruginya suatu usaha yang dikelola oleh anda.
3. Strategi Pasar
 Ini adalah hasil analisis secara rinci terhadap pasar dan aneka tingkah lakunya. Hasil analisa pasar akan membuat Anda dapat menentukan target pasar secara tepat, sehingga perusahaan anda dapat dikembangkan ke arah yang sesuai dengan target pasar yang sudah dibuat.
4. Analisis Pesaing yang ada
 Tujuannya adalah untuk mengukur kekuatan dan kelemahan pesaing produk Anda yang sejenis dengan produk yang anda buat. Jika strategi pemasaran Anda baik, maka akan menjadi hambatan bagi pesaing Anda, dan sebaliknya. Teliti semua kelemahan pesaing Anda kemudian kembangkan produk Anda dengan tujuan untuk menyempurnakan semua kelemahan produk pesaing yang ada.
5. Kembangkan dengan desain yang relevan dan mumpuni
Hal ini bertujuan untuk sajikan deskripsi produk dan bentuk layanan yang akan disajikan untuk konsumen. Grafik perkembangan produk, marketing dan perusahaan itu sendiri, pembuatan anggaran pengembangan untuk mencapai tujuan sekaligus menarik investor.
6. Susun Rencana untuk  Manajemen dan Operasional
Perlu perancangan untuk memberikan gambaran tentang fungsi operasional dan manejemen bisnis secara berkelanjutan. Meliputi manajemen tim, serta pembagian tugas sesuai jabatan. Perhitungan secara tepat besaran biaya untuk operasioanl bisnis akan membuat keuangan bisnis anda diketahui hasilnya.
7. Pikirkan Faktor Pendanaan usaha anda
Tidak ada dana gimana mau usaha ? Faktor pendanaan selalu berada di halaman terakhir dari sebuah rencana bisnis. Untuk dapat merinci secara jelas sehingga tidak menutup kemungkinan akan menrik investor lain untuk bergabung dengan usaha yang anda buat.

Begitulah kiranya Analisa yang saya temui dalam pembuatan maupun pengembangan bisnis yang anda jalankan. Silahkan dicoba dan SALAM SUKSES.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar